Sistem Pendingin Mesin
Kendaraaan akan
mengalami panas akibat dari pembakaran bahan bakar. Walaupun sebagian efisiensi
panas itu dimanfaatkan kembali oleh mesin. Mesin akan mengalami panas yang
tinggi atau yang disebut over heating bila panas mesin tidak dikurangi.
Sistem pendinginan dirancang untuk menjaga efisiensi panas itu. Umumnya mesin didinginkan oleh sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan air. Mesin mobil kebanyakan menggunakan sistem pendinginan air.
Sistem pendinginan dirancang untuk menjaga efisiensi panas itu. Umumnya mesin didinginkan oleh sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan air. Mesin mobil kebanyakan menggunakan sistem pendinginan air.
Sistem pendinginan air lebih rumit,
tetapi mempunyai banyak keuntungan , Karena ruang bakar diselimuti oleh
air yang berada di water jacket maka selain mendinginkan juga berfungsi sebagai
peredam bunyi. Kontruksi sistem pendinginan dilengkapi oleh water jacket,
thermostat, radiator, kipas radiator, pompa air dan komponen – komponen lain
pendukungnya.Komponen – Komponen Sistem Pendinginan dan Fungsinya:
1. Water Jacket
Jika mesin dibelah maka akan terlihat
ada ruang-ruangan seperti saluran air yang menyelimuti ruang bakar dan komponen
di sekitarnaya. Saluran itu adalah tempat bersirkulasinya air pendingin di
dalam mesin.
2. Thermostat
Thermostat seperti katup otomatis yang mengatur masuk atau tidaknya air pendingin masuk ke radiator. Cara kerjanya jika air pendingin yang berada di water jacket masih dingin maka thermostat tidak akan membuka saluran ke radiator karena uap yang dari panasnya tidak mempu untuk membuka katup thermostat maka air pendingin itu akan kembali untuk bersirkulasi di dalam mesin melalui saluran by pass. Thermostat akan membuka kira-kira ketika temperatur air pendingin antar 80 – 900C (176 – 1940F).
3. Radiator
Ketika Thermostat membuka karena temperatur air pendinginnya telah panas maka air pendingin itu harus segera didinginkan. Komponen nya adalah radiator. Bagian-bagian radiator adalah ada reservoir(tangki cadangan), tutup radiator, radiator bagian atas,inti radiator, dan radiator bagian bawah. Reservoir (tangki cadangan) berfungsi sebagai tangki cadangan bila air pada radiator berlebihan. Inti tadiator terdiri dari sirip-sirip tempat saluran air pendingin yang nantinya akan dipercepat pendinginan nya oleh kipas radiator. Jika air pendingin telah didinginkan oleh inti radiator dibantu dengan kipas radiator maka ai pendingin itu akan masuk ke radiator bagian bawah yang nantinya akan masuk ke mesin untuk bersirkulasi di dalam mesin di water jacket. Air pendingin masuk ke radiator ataupun keluar dari radiator menuju mesin di hubungkan oleh selang radiator yang tahan panas.
4. Kipas Radiator dan Pompa Air
Berfungsi untuk mempecepat proses
pendinginan air pendingin yang telah panas. Kipas radiator ada yang digerakkan
secara mekanik oleh poros engkol dan ada pula yang digerakkan oleh motor
listrik yang menempel di kipas radiator itu.Sedangkan untuk mempercepat
bersirkulasinya air pendingin di dalam mesin maka pompa air lah yang
mempercepat sirkulasinya.
CARA KERJA SISTEM PENDINGINAN
CARA KERJA SISTEM PENDINGINAN
Air pendingin bersirkulasi di water
jacket untuk mendinginkan mesin yang panas itu. Ketika air pendingin telah
panas maka air pendingin itu akan masuk ke radiator setelah melalui thermostat
yang mengaturnya. Di radiator air pendingin yang panas itu akan didinginkan
oleh kipas radiator dan sirip-sirip radiator dan ketika proses pendinginan
telah selesai maka akan menuju kembali ke mesin untuk mendinginkan mesin. Pompa
air mempercepat proses pendinginan itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar